Menikmati Sunrise di Jalur pendakian menuju puncak Papandayan.

Gunung Papandayan Garut Jawa Barat



Papandayan, gunung di kabupaten Garut,Jawa Barat, memang merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki, termasuk para pemula. Jalur yang relatif landai, sajian pemandangan indah dari kawah nan mempesona, dan kawah bekas letusan pada 2002 yang meninggalkan batang pepohonan tanpa arwah, ranting mengering tanpa dedaunan membuat para pendaki akan terpesona dengan alam Papandayan.

Camp david, merupakan titik awal pendakian, berada diketinggian +- 2010 mdpl. jalur pendakian selebar 5 meter, dengan sisi kiri dan kanan adalah tebing yang curam dan menjulang tinggi seperti tebing tebing di film kolosal luar negeri, tapi ini di indonesia tepatnya di Garut, gunung papandayan.

Puncak tebing soni, salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona cahaya matahari terbit, akan tetapi semua hal yang bagus dan indah tidak tanpa resiko , maka berhati-hatilah jika berada di tempat ini jangan terlalu dekat dengan tebih karena struktur bebatuan di kawasan tersebut sangat rapuh saat dipijak dan berbahaya.

Danau Papandayan, danau yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter tersebut berada tepat di sisi kawah utama, dengan luas -+ 100 meter, warga lokal menyebutnya "Danau Papandayan" dengan Air danau yang berasa tawar karena berasal dari Air hujan.

Tugu dan Gua, berada pada ketinggian sekitar 2200 mdpl. perlu tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini karena jalur curam dan perlu berhati juga untuk mencapainya. menurut warga tugu tersebut, adalah peninggalan belanda, dengan dikelilingi pogon yang mirip hutan mati, dengan bentuk limas segi empat setinggi 2 meter. bagianya sudah sedikit hancur dan berwarna kecoklatan.

Padang Edelweise Tegal Alun, hamparan bunga abadi yang memukau apalagi pada saat mekar, merupakan kawasan  salah satu padang edelweise terluas di Indonesia. di kawasan padang Edelwise dilarang berkemah karena banyak hewan liar berkeliaran dan dikhawatirkan juga dapat merusak kawasan  tersebut.

Hutan Mati, salah satu saksi bisu dahsyatnya letusan gunung papandayan pada tahun 2002 silam, dapat dilihat dari hutan ini batang-batang, ranting-ranting tanpa daun yang bagaikan musim gugur terlama.

Pondok Saladah, nah tempat ini adalah tempat favorit pendaki untuk berkemah karena memilki sumber air yang dapat digunakan untuk keperluan mendaki yang sangat melelahkan.

Guber Hut, area kamp alternatif, bisa juga untuk menikmati sun rise di puncak papandayan.



Share:

0 komentar