Pantai menganti Kebumen Jawa Tengah, pantai dengan bukit cantik yang memanjakan mata.



Pantai menganti Kebumen

pantai menganti

Pantai Menganti merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berlokasi kurang lebih 40km dari kecamatan Gombong, Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pasir pantainya yang berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst yang indah. Bentang alam berupa perbukitan memang sedikit menyulitkan untuk mengakses pantai ini. 

Sebelum mencapai pantai melalui jalan yang berlika-liku, meski demikian pemandangan tetap menakjubkan. Pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, dan laut yang sesekali terlihat saat diatas jalan yang merayapi bukit . 

Pantai Menganti bisa di jangkau dengan kendaraan bermotor.  Tetapi lebih di sarankan untuk menggunakan sepeda motor saja, jangan menggunakan mobil ataupun bus. Dan sepeda motor yang di gunakan pun kalau bisa dalam keadaan yang sangat prima di karenakan medan jalan yang masih sangat susah di lalui

Pantai Menganti memiliki jajaran pohon kelapa khas pesisir pada umumnya. Pantai Menganti juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. 

Suasana yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera merupakan suatu kepuasan bagi pengunjung. Sebetulnya Pantai Menganti merupakan pusat tempat pelelangan ikan. Disini banyak terdapat kapal – kapal yang bersandar dengan rapi sehingga menambah keindahan Pantai Menganti jika dilihat dari atas bukit. 

Sumber gambar Google Image

Sekarang ini selain Tempat Pelelangan Ikan, Pantai Menganti menjadi tempat tujuan wisata nomer satu di Kabupaten Kebumen karena keindahan panorama yang disajikan dan dapat dinikmati dengan sepuasnya. Kita bisa menikmati baik Sunrise maumpun Sunset di Pantai ini, indah sekali sunset dan sunrisenya .

Satu objek yang perlu dikunjungi saat sampai di pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata. Letaknya di timur – tenggara pantai Menganti.

Di Tanjung Karangbata yang rindang ini akan melihat luasnya Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk berteduh dari terik matahari. Dari Tanjung Karangbata juga terlihat pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan pantai Peacron di sebelah timur.

Jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. Perbukitan akan menghijau menambah indah pantai ini. Pantai Menganti termasuk satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah. Deburan ombak Pantai Menganti bisa digunakan untuk bermain surfing.

Jalur menuju lokasi pantai menganti ada 2 rute, yang biasa para wisatawan lalu ketika  ingin berkunjung dan menikmati wisata pantai dengan perbukitan yang indah.

Pertama jika para ngeTeng berada di Gombong, para pnelusur bisa mengambil arah ke Puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dolanjutkan menuju pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam. Jika para penelusur memilih rute ini jaraknya hanya 38 kilometer saja. 

Rute yang kedua ini memiliki jarak yang lebih jauh. jarak yang di butuhkan sekitar 45km dengan waktu tempuh selama 1.5 jam. Dari Gombong, para ngeTeng bias menuju arah barat ke pantai loegending lalu pilih jalur naik ke arah pantai mengantai kebumen.

Namun dengan perjalanan selama dan sesulit itu bakal terbayarkan ketika sampai di Pantai Menganti Kebumen ini. Hamparan pasir putih yang di padukan dengan birunya air laut serta di kelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi bakal membuat sobat ngeTeng takjub dan betah untuk bermain-main di pantai menganti.

Sumber gambar: Google docs, google image

Para ngeTeng dapat berbaur dengan keseharian para nelayan setempat yang sangat bersahaja. Bertanya tentang hal yang berkaitan dengan kegiatan mereka. Para nelayan ini biasanya duduk-duduk di kapal mereka pada siang hari, dan baru akan melaut saat menjelang malam.

Jika sobat ngeTeng ingin pemandangan yang lebih keren, eksotis, dan menakjubkan, sobat ngeTeng dapat naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga tertdapat mercusuar setinggi 20 meter yang di dirikan Belanda di tahun 1912-1915. Dari lokasi ini akan terlihat seluruh kawasan pantai dengan lekuk-lekuk bukit karang yang menjorok ke samudra Hindia.

Kalau menurut cerita warga sekitar pantai ini, dulu kala ada seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya yang dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja. Mereka  bersepakat untuk bertemu du tepi samudra yang berpasir putih nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati yang rupanya, sang pujaan hati itu tidak kunjung tiba di atas bukit kapur. Dan sang panglima itu terus menanti dan menanti hingga lama. Dan berdasarkan cerita itulah asal mula nama Pantai Menganti.

Jika ingin bermalam di pantai menganti dapat menggunakan tenda mau bawa sendiri atau dapat menyewa kependuduk sekitar.

Karena fasilitas penginapan masih jarang bahkan belum ada, sobat ngeTeng dapat menginap di rumah penduduk, dan dapat membayar tarif permalamnya yang cukup murah sektar 100-250 ribu. Karena merupakan wisata yang baru dibuka untuk umum pada tahun 2011 oleh pemerntah setempat.

Harapan  kedepannya pemerintah desa setempat dan pemerintah dapat lebih serius dalam menggarap pantai ini sehingga bakal menjadi pantai yang sangat wajib dikunjungi untuk berwisata.

Share:

0 komentar