Citumang Pangandaran, Sungai dengan aliran air sebening kristal.

Citumang Pangandaran

Merupakan salah satu objek wisata yang berada dikawasan wisata pangandaran, wisata citumang sendiri memiliki keunikan yang jarang ditemui di sungai lain di pangandaran.

Dengan hulu sungai berbentuk gua segi empat yang tercipta secara alami dan panjang sekitar 100 meter menembus gunung dan aliran sungai diatasnya. Sungai citumang berada di lembah hijau perbukitan dengan hutan milik pemerintah daerah, yang dikelola bersama warga masyarakat sekitar (Karang Taruna).

Untuk mencapai wisata citumang para wisatawan dapat melalui jalan raya yang sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, papan penunjuk jalan disanapun sudah banyak dipasang dan sangat membantu untuk wisatawan. Dengan tarif masuk kawasan wisata Rp 19.000 untuk hari biasa dan Rp 24.000 untuk hari minggu dan libur nasional, data tersebut dapat berubah sesuai kebijakan dari pemerintah setempat.

Namun jika wisatwan yang ingin melakukan aktifitas air seperti body rafting dikenakan tariff sekitar RP 125.000 /orang. Dengan minimal 5 orang untuk body rafting. Nah pasti untuk yang hobi adventure tidak akan melewatkan begitu saja dengan yang satu ini.

Jarak dari pantai pangandaran sendiri kurang lebihnya 10 km untuk dapat sampai ke kawasan wisata citumang. Selain suasana pedesaan yang masih asri sepanjang perjalanan kesana wisatawan dapat menikmati hamparan pesawahan yang luas dengan jajaran nyiur hijau di tepianya dan bukit bukit hijau sebagai backgroundnya.

Memiliki aliran air yang jernih serta pepohonan rindang akan menggoda siapa saja yang berkunjung kesana, rasanya tidak akan puas jika tidak berenang atau sekedar bermain air. Sangat sayang jika berkunjung kepangandaran melewatkan wisata yang keren satu ini.

Wisata citumang terkenal dengan warna airnya yang bening seperti Kristal berwarna hijau kebiruan, sepanjang aliran sungai akan dimanjakan dengan akar pohon yang tumbuh menjalar ke dasar sungai, saking beningnya wisatawan dapat melihat ikan yang hidup disana dengan mata telanjang.

Sejumlah wisatawan Asing seang berwisata ke Citumang melakukan Body Rafting

Aliran sungai Citumang yang hijau dan jernih, Citumang Pangandaran Jawa Barat.


Selain berenang atau olahraga air seperti body rafting, wisatawan yang tidak bisa berenang dapat mencoba theraphy ikan yang ada di dalam area mata air citumang. Fasilitas itu disediakan secara gratis untuk wisatawan yang berkunjung kesana.

Tidak hanya dikenal oleh wisawatan dalam negeri, keindahan sungai citumang sudah dikenal oleh wisatwan mancanegara, banyak yang datang ke pangandaran untuk sengaja menikmati keindahan aliran sungai citumang.

Akan tetapi sejak ditutup pada bulan agustus tahun 2016 lalu, kunjungan wisatawan ke wisata alam citumang mengalami penurunan. Hal tersebut dikeluhkan oleh para pemandu wisata yang sehari-hari bekerja memandu wisatawan yang datang ke wisata citumang.

Mereka merasakan penurunan wisatawan yang datang karena berpikiran bahwa kawasan wisata citumang masih  ditutup untuk umum untuk waktu yang belum diketahui.

Padahal sebenarnya penutupan itu hanya terjadi sekitar satu bulan saja, dan selebihnya sudah dibuka kembali.

Jadi untuk wistawan yang ingin datang dan berwisata ke kawasan pangandaran dan citumang, sudah dibuka. Dan anda dapat berlibur bersama keluarga menikmati indahnya alam pangandaran, karena berlibur dengan tempat yang indah dan eksotis tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri namun ternyata di dalam negeri pun banyak tempat indah yang perlu kita jelajahi dan kita perkenalkan kepada dunia.


Share:

0 komentar